Sejarah

isi conten tentang sejarah ma’had umsurabaya…

Indonesia adalah negara muslim terbesar baik dari segi wilayah maupun jumlah penduduknya. Indonesia juga terkenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam serta keindahannya. Tetapi disamping itu indonesia termasuk deretan negara termiskin di dunia dengan pendapatan perkapita US $ 617 pertahun. Sangat ironi sekali. Bagaimana bisa terjadi negara yang kaya raya tetapi miskin penduduknya yang hampir 90% muslim.

Masalah besar yang dihadapi umat Islam Indonesia adalah rendahnya tingkat pendidikan umat Islam. Hal ini menjadi penyebab akan rendahnya tingkat penyerapan dan penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan tehnologi. Serta menjadi penyebab jauhnya mereka dari pemahaman terhadap Islam sebagai jalan hidup mereka sendiri. Hal ini tercermin dalam praktek kehidupan mereka sehari-hari yang sangat materialistis, hedonis dan konsumeris. Semakin tingginya tingkat kejahatan dan penyimpangan moral yang terjadi di masyarakat, menjadi bukti bahwa ummat ini harus segera diselamtkan dan disadarkan kembali dari keterlalaian selama ini. Upaya ini hanya bisa dilakukan dengan menggerakkan lebih cepat roda-roda tarbiyah dan ta’lim di segala segmen dan segala lini. Semua elemen, harus terlibat dan bahu membahu serta bekerjasam untuk menfokuskan kerja pada bidang tarbiyah. Karena inilah solusi utam terhadap setiap masalah yang selalu menghadang kita.

Dalam rangka menjawab akan kebutuhan akan tenaga-tenaga da’i yang mampu berbahasa Arab, maka pada tahun 2001 telah didirikan Ma’had Umar bin Al Khattab oleh sebuah yayasan sosial dan da’wah yang bernama Asia Muslim Charity Foundation (AMCF).